Selasa, 16 Mei 2023

Tugas 2 Ringkasan tentang Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Lunak atau Software

Perangkat lunak komputer terdiri dari OS atau sistem operasi dan program atau aplikasi computer. 

 a. Sistem Operasi

 Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan perangkat komputer komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi adalah mengatur jalannya program komputer, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

b. Program Atau Aplikasi Komputer 

Perangkat lunak komputer terdiri dari OS atau sistem operasi dan program atau aplikasi computer.

2. Sistem Komputer 

Sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Sistem komputer memiliki ketiga elemen tersebut yang harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Perangkat keras dan perangkat lunak, keduanya juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

2. Perangkat Keras Hardware

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, seperti : Motherboard, Power Supply, Prosessor, RAM, Hardisk, CD Drive, Battery CMOS, VGA Card, Sound Card, dan lain-lain.

Untuk dapat digunakan pada saat memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi maka paling sedikit perangkat komputer harus terdiri dari keyboard, CPU (Central Processing Unit), monitor, dan mouse.

Berdasarkan dari fungsinya, peralatan komputer dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

macam, yaitu : 

a. Peralatan masukan (Input), seperti : 

1) Keyboard 

2) Mouse 

3) Microphone 

4) Scanner 

5) Joystick 

b. Peralatan keluaran (Output), seperti : 

1) Monitor 

2) Speaker 

3) Printer 

Perangkat CPU terdiri dari : 

1) Motherboard, adalah papan sirkuit pada CPU yang didalamnya terdapat perangkat keras lainnya, seperti RAM, Prosessor, VGA Card, dll. 

2) Power Supply, Pengganti arus dari AC ke DC, dan juga berfungsi untuk menyalurkan daya ke komponen-komponen lainnya pada CPU. 

3) Prosessor, Prosessor adalah otak dari komputer yang berfungsi untuk mengatur jalannya komputer. 

4) RAM (Random Access Memory), adalah alat penyimpanan sementara yang bisa ditulis dan dibaca. 5) Hardisk, adalah alat penyimpanan berupa data yang bersifat permanen. 


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda